1. Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU,
biasanya berupa rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
Keyboard berasal dari bahasa Inggris yang artinya papan ketik. Keyboard
terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau
simbol yang tercetak di atasnya.
Keyboard biasanya dibagi dalam tiga bagian, yaitu function keys (tombol
fungsi), type writer (tombol huruf, angka, dan tanda baca), dan numeric
keypad (tombol angka dan tanda baca yang berfungsi sebagai kalkulator),
serta control keys (tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan
layar). Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara
bersamaan, akan muncul fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur
sebelumnya.
Saat ini banyak inovasi yang dilakukan dalam merancang bentuk keyboard,
tentu saja tanpa mengurangi fungsi utama dari keyboard. Seperti keyboard
jenis foldable. Keyboard jenis ini terbuat dari plastik lembut yang
dapat digulung dan dilipat sehingga dapat dibawa kemana pun pergi.
Keyboard jenis ini juga lebih tahan air dibanding keyboard biasa.
2. Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer
selain keyboard. Mouse berbentuk seperti seekor tikus dengan kabel yang
menjulur sehingga dalam bahasa Inggris peranti ini disebut mouse. Alat
ini akan membantu mengarahkan kursor di layar monitor.Mouse pertama kali
dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart, berbahan kayu dengan
satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun
1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui
posisi X-Y pada layar komputer. Mouse ini dikenal dengan nama X-Y
Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di
sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian,
komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse satu
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh
permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak
menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi
gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi
nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem
laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dots per
inch), bahkan ada yang dapat mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya,
mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.
3. Joystick
Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas. Alat ini dapat
bergerak ke segala arah. Alat ini juga dapat mentransmisikan arah
sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Pada umumnya, joystick
digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang
dilengkapi lebih dari satu tombol.
Sebenarnya alat ini dapat digantikan dengan mouse atau keyboard. Namun,
menggunakan joystick pada permainan simulasi akan terasa lebih seru dan
menyenangkan karena akan memancingmu untuk ikut bergerak. Selain untuk
mengontrol permainan video, joystick juga banyak diimplementasikan pada
mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
4. Scanner
Scanner merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar
ataugrafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat
diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks. Scanner
fungsinya mirip dengan mesin fotokopi.
Mesin fotokopi hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan
scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu,
kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan
hasilnya menjadi bagus. Selanjutnya hasil tersebut dapat disimpan
sebagai file text, dokumen, dan gambar. Data yang telah diambil dengan
scanner itu dapat dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer
yang mengenali teks ASCII. Scanner juga dikenal dengan nama pemindai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar