Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan
orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa
alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan denganmatematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat sepertislide rule, jenis kalkulator
mekanik mulai dariabakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang mengolahinformasi" atau
"sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa
arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang
berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu.
MenurutBarnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam
bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang
menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat
hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para
pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan
artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin
analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga
sudah dapat dikatakan sebagai komputer
Jenis
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya
bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan
komputer modern, sifat yang paling membedakan mereka dari alat penghitung yang
terdahulu ialah dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi
sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan
kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru
alat perkomputeran yang akan diciptakan manusia pada masa depan (meskipun
niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes
yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud
istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan
ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal.
Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang
pertama kali muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh
dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode
ini.
Komputer benam
Sekitar 20 tahun yang lalu, banyak alat rumah tangga, khususnya panel dari
permainan video juga mencakup telepon genggam,perekam kaset video, PDA dan
banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain,
semua berisi sirkuit elektronik seperti komputer yang memenuhi syarat
Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali
dibuat secara langsung di dalam chip ROMyang akan perlu diganti untuk mengubah
program mesin). Maksud khusus komputer yang lain secara umum dikenal sebagai
"mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer).
Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang
maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari
sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang,
dan dapat diubah untuk berbagai maksud oleh pengguna tanpa modifikasi fisik.
Komputer kerangka utama,minikomputer, dan komputer pribadi (PC)adalah macam
utama komputer yang mendapat definisi ini.
Komputer pribadi
Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer
yang banyak diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab
dengan bentuk komputer selain komputer pribadi. Hanya orang-orang tertentu saja
yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih
spesifik dan tepat.
Komputer pribadi diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1980
oleh almarhum Eddy Liew, pendiri Dragon Computer & Communication melalui
merek Sinclair yang berasal dari Inggris.
Bagaimana komputer bekerja
Saat teknologi yang dipakai pada komputerdigital sudah berganti secara
dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihatSejarah perangkat
keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih
menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John
von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama:
Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol,memori, dan alat masukan dan
hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas
kawat, "bus"
Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti
"sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi
sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk
mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisidata yang
diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi
salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi
perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi
yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi
yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh:
Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah
satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk
menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang
bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat
diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus
kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer
ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat -
dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian
pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke
setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaantransistor di atas satu chip
silikon.
Pemprosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan untuk
memproses perintah yang diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama
data-data yang ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan
berkomunikasi dengan peranti input , output dan storage untuk melaksanakan
instruksi yang saling terkait.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit
Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern,
kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit),
yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat
yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,
pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan
perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).
Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah saat ini yang dilakukan oleh komputer,
memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapatkan kembali informasi (dari
memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan
kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol
pembacaan instruksi program komputer.
Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh
hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik
(softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrabkeyboard, monitor dan
disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak,
pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka
meng-encode(mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah
lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke
dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian
ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi.
Komputer hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang
dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah
"menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456",
"menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013",
dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk
"menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah
khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin
komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk
komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa
pemrograman"tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam
bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan
kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin,
seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog
didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya
oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU danunit kontrol ke dalam satu sirkuit
terpaduyang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentralatau CPU. Biasanya, memori
komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS.
Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary
sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal
utama - mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara
bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk
maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan
dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer
mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan,
dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer
dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer,
barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan
perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer
pribadi modern yang umum (pada tahun2003) bisa melakukan sekitar 2-3
miliarperintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa
mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka
melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai,
pemrogram."Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk
melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat
set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain". Sekarang ini,
kebanyakan komputer dapat melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya
diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah
dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua
dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering
diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program
lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS di
antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih
membingkaikan.Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini
membagikan
Sistem operasi
Sistem operasi adalah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna.
Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-ragam
program komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram (programmer) akhirnya
memindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program mana yang akan dijalankan, kapan, dan
alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi
juga memberikan layanan (service) kepada program lain, seperti kode yang
membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu
mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung pada komputer.
Penggunaan komputer
Anak-anak sedang belajar menggunakan komputer bersama sang guru.
Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya
besar untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya digunakan untuk
mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS awalnya dibuat untuk
memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung
kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan
semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari
1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan
bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer
pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari
Snowy Mountains, suatu proyek pembangkit Hidroelektrik besar. Selain itu juga
dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang
pertama,Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal
juga menyangka bahwa pemrograman itu akan dapat memainkan catur, memindahkan
gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk
mengotomasikan banyak data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan
oleh manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris.
Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer
untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat komputer dapat
dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah
sering menggunakan banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas yang
sebelumnya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar.
Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi disebut sebagaiserver.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menghasilkan komputer yang sangat
murah menjadi mungkin. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk
menyimpan buku, menulis, dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain
berulang matematika dengan lembarang sebar, berhubungan dengan e-pos dan,
Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah dikostumisasi komputer
dapat digunakan untuk banyak pekerjaan lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur program, ditemukan cara
mengaplikasikan mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil,
pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Prosesorbenam menguasai kelakuan
alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih
kompleks (untuk kejadian, perkembangan sistem rem anti terkunci di mobil). Saat
abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, bentuk angkutan
bertenaga, dan batas produksi pabrik dikuasai di sisi komputer. Kebanyakan
insinyur memprediksikan bahwa ini akan terus berkembang.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan
perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
§ Pemroses atau CPU sebagai unit
pengolah data
§ Memori RAM, tempat penyimpanan data
sementara
§ Hard drive, media penyimpanan data
semi permanen
§ Perangkat masukan, media yang
digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse,
keyboard, dan tablet
§ Perangkat keluaran, media yang
digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor, speaker,headset,
plotter, proyektor, dan printer
Perangkat lunak
§ Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan
hardwarekomputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows,
dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi
program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta
instalasi software.
§ Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
§ ISA/PCI, slot untuk masukan kartu
tambahan non-grafis
§ AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu
tambahan grafis
§ IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard
drive/ODD
§ USB, slot untuk masukan media
plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke
komputer dan langsung dapat digunakan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar